Mungkin Anda berpikir ini kebetulan. Tapi Kosta Rika adalah salah satu dari sedikit negara-negara yang telah menghapuskan tentaranya, namun juga boleh dikatakan sebagai negara yang paling berbahagia di bumi.

Ada beberapa cara untuk mengukur kebahagiaan di berbagai negara, semuanya eksak, tapi mutiara Amerika Tengah ini memukau dengan baik oleh sistem apapun yang digunakannya. Sebagai contoh, World Database of Happiness, yang disusun oleh seorang sosiolog Belanda dengan didasari survei oleh Gallup dan lain-lain, Kosta Rika menempati posisi teratas dari 148 negara yang rakyatnya paling berbahagia.

Ada tiga metode yang digunakan oleh Gallup. Pertama, bertanya langsung pada rakyatnya. Kedua, melibatkan para ilmuwan untuk menghitung tahun-tahun yang bahagia di setiap negara, dan ketiga, dengan menggunakan "indeks planet bahagia," yang dirancang oleh New Economics Foundation, sebuah think tank yang liberal. Mereka menggabungkan kebahagiaan dan umur panjang, dan juga menyesuaikan terhadap dampak lingkungannya. Dalam ketiga cara hitung dan ukur itu, Kosta Rika menempati posisi pertama.

Di Kosta Anda bisa menjelajahi pantai yang mempesona. Kosta Rika telah melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam melestarikan alamnya. Pantai dan jalan-jalan di Kosta Rika sangat bersih, dan dimana saja, bisa ditemukan binatang iguana dan sloth.

Apa yang membuat Kosta Rika seperti itu adalah keputusan yang luar biasa pada tahun 1949. Mereka membubarkan angkatan bersenjatanya dan berinvestasi dalam pendidikan. Peningkatan pendidikan menciptakan masyarakat yang lebih stabil, lebih rentan terhadap konflik-konflik yang telah berkobar di tempat lain di luar Amerika. Pendidikan juga meningkatkan perekonomian, yang memungkinkan negara untuk menjadi eksportir utama chip komputer dan meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris agar menarik turis-turis.

Kita mungkin tidak bisa jadi anti-militer. Tapi bukti-bukti kuat bahwa pendidikan sering kali merupakan investasi yang jauh lebih baik daripada artileri. Di Kosta Rika, tingkat pendidikan meningkat dan bahkan sekarang tingkat kesejahteraan mereka lebih lebih tinggi daripada Amerika Serikat. Meningkatnya tingkat pendidikan juga membuat negara selalu mempertahankan lingkungannya yang subur sebagai aset ekonomi. Kosta Rika adalah perintis ekologi, memperkenalkan pajak karbon pada tahun 1997. Indeks Kinerja Lingkungan, sebuah proyek kolaborasi dari Universitas Yale dan Universitas Columbia, menempatkan Kosta Rika di nomor 5 di dunia dalam menjaga lingkungannya.

Saat ini, orang-orang Amerika sedang bergerak ke sini untuk menikmati pensiun berbiaya rendah. Dalam 25 tahun mendatang, mungkin kita akan melihat sejumlah besar masyarakt pensiun berbahasa Inggris menjejali sepanjang pantai Kosta Rika. Jangan lupakan, rakyat di negeri manapun akan lebih memilih bahagia daripada melihat tentaranya sampai ke negara orang lain yang jauh dengan menghabiskan pajak dan tujuan yang masih jadi misteri dan samar-samar.

Ini mungkin perbandingan yang tidak pasti. Tapi apa yang tampaknya cukup jelas adalah Amerika menginvestasikan dirinya di bidang perang melebihi negara manapun. Mungkin ini pelajaran untuk Amerika Serikat untuk mencurahkan lebih sedikit sumber daya pasukan asingnya di luar negeri. Ketimbang mengurus negeri dan rakyat negeri orang, sementara ini rakyatnya terbengkalai karena pengangguran dan remaja putus sekolah semakin marak di negerinya sendiri. [adm/eramuslim]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts