Kementerian Pariwisata dan Benda-benda Kuno di Gaza awal pekan ini mengumumkan penemuan benda-benda antik oleh sejumlah arkeolog. Artefak-artefak kuno itu ditemukan dekat perbatasan dengan Rafah, Mesir.

"Penemuan yang paling penting adalah berupa 1.300 koin perak, baik berukuran kecil maupun besar," kata Menteri Pariwisata Hamas Mohammed al-Agha.

Ia mengatakan, para arkeolog juga menemukan sebuah gilingan terbuat dari batu basal hitam, koin yang ada ukiran salib di atasnya, dan sisi-sisa dinding serta lengkungan yang diperkirakan dibangun pada tahun 320 SM.

Selain itu, mereka juga menemukan ruang bawah tanah misterius, yang diduga sebagai makam, dengan pintu masuk yang terhalang.

Otoritas Palestina telah melakukan penggalian arkeologis sejak tahun 1990, tapi baru kali ini pemerintah Hamas mengumumkan ada penemuan yang begitu besar.

Penggalian arkeologis itu terus dilakukan, lokasinya tidak jauh dari terowongan-terowongan Gaza-Rafah yang biasa dipakai untuk memasukkan barang-barang kebutuhan rakyat Gaza dari Mesir. [adm/hidayatullah]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts