Mentri Pertahanan Amerika Robert Gates mengkonfirmasi keberadaan perusahaan keamanan Amerika Xe Services LLC yang dulu dikenal dengan Blackwater dan DynCorp di Pakistan.

Menurut keterangan Gates hari Kamis 21 Jauari, 2 firma keamanan tersebut bekerja secara privat sesuai dengan hukum dan aturan yang ada di Pakistan.

Namun, pihak parlemen Pakistan telah mengeluarkan pemungutan suara pelarangan operasi perusahaan layanan keamanan tersebut, sehingga pihak pemerintah Amerika yang menggunakan jasanya akan melakukan komplain.

Blackwater membikin heboh dengan kasus penembakan terhadap penduduk sipil Baghdad pada bulan September 2007 yang menewaskan puluhan jiwa.

Untuk alasan nama baik perusahaan, akhirnya Blackwater mengganti namanya menjadi Xe Services LLC pada bulan Februari 2009 setelah mendapatkan kritikan dunia internasional.
2 orang tentara bayaran Blackwater juga kedapatan membunuh 2 warga sipil di Kabul pada tahun 2009.

Asad Durani, mantan pimpinan agen intelejen Pakistan Inter-Services Intelligence (ISI) sebelumnya pernah mengatakan kepada pressTV bahwa Blackwater terlibat dalam berbagai serangan di wilayah

Pakistan terutama yang dengan peralatan pesawat tak berawak atau drone yang sering mengakibatkan korban dari penduduk sipil pada awal Januari lalu.

Komentarnya ini diucapkan setelah CIA mengakui keterlibatan Blackwater dalam operasi drone di Pakistan dan Afghanistan.

Masih menurut Durrani, Blackwater juga terlibat dalam sejumlah pemboman di Pakistan yang sering terjadi.

"Ide melakukan aksi ini, seperti aksi penyerangan di daerah sipil adalah untuk membuat pihak-pihak lain terlihat buruk dimata publik."

Dalam 2 tahun ini Pakistan seringkali dihantam serangan bom di banyak lokasi dan menewaskan lebih dari 2.000 penduduk sipil.

Sementara itu Gates menyatakan bahwa pihak Washington mengoperasikan drone atau Unmanned Aerial Vehicle (UAV) di Pakistan atas dasar kesepakatan bersama dan kini sedang dipertimbangkan kelanjutan kerjasama tersebut.

"UAV-UAV ini sangat berguna dan kami memiliki dana untuk itu," kata Gates dalam sebuah wawancara dengan TV swasta Pakistan hari Kamis.

Dia mengklaim bahwa operasi militer dengan drone begitu sukses di Afghanistan dan Irak. [adm/muslmdaily]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts