Melayani sesama dan menunjukkan citra keyakinannya yang sebenarnya, sekelompok dokter Muslim mengadakan pemeriksaan gratis untuk membantu pasien yang tidak mampu di daerah timur laut negara bagian Ohio.

"Kami ingin melakukan yang terbaik dalam membantu, khususnya dalam masa ekonomi yang sulit ini," tutur Malika Haque, seorang dokter anak kepada the Columbus Dispatch daily Jumat 15 Januari.

Haque memimpin 22 dokter dan 7 perawat untuk membuka klinik gratis dan menyediakan bantuan medis kepada penduduk miskin yang tidak memiliki jaminan kesehatan.

Klinik dengan nama Noor Community Clinic dibuka hari Jumat dengan menawarkan cek medis gratis dan konseling bagi warga yang tidak memiliki asuransi kesehatan.

Klinik baru tersebut merupakan inisiatif ditahun 2008. klinik serupa juga telah ada di Cincinnati dan Dayton juga di banyak kota lainnya.

Lebih dari satu dekade lalu setelah didirikan, asosiasi dokter dan perawat Muslim (University Muslim Medical Association/UMMA) saat ini telah melayani lebih dari 16.000 pasien dari berbagai latar belakang agama.

Pada tahun 1996, sejumlah mahasiswa muslim melihat kurangnya peran umat Islam dalam isu-isu sosial di Amerika sehingga membuat inisiatif untuk mendirikan klinik gratis.

Meskipun tergolong negara kaya dan memiliki dana jaminan kesehatan yang besar, namun tidak semua warga di Amerika bisa menikmati fasilitas tersebut. Banyak warga miskin tidak memiliki jaminan kesehatan. [adm/muslimdaily]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts