Panglima Pasukan AS di Afghanistan Jendral Mc Chrystal mengisyaratkan pembicaraan damai dengan Taliban. Chrystal menegaskan sudah 'cukup berperang', ungkapnya.

Panglima Tertinggi Pasukan AS di Afghanistan mengatakan perundingan dengan Taliban adalah jalan yang harus ditempuh. Jendral Mc Chrystal berbicara kepada koran The Financial Time, yang terbit di Inggris, yang menginginkan adanya pembicaraan damai dengan fihak Taliban, dan mengakhiri perang, dan mencari solusi politik. Saat ini AS telah mengirimkan 30.000 pasukan tambahannya ke Afghanistan, sehingga total jumlah pasukan AS mencapai 120.000 pasukan.

Chrystal mendesak Taliban untuk menghentikan perang, dan menilai kelompok Taliban sudah melemah. AS menawarkan solusi politik, guna mengakhiri perang dengan Taliban yang sudah berlangsung sejak invasi yang dilakukannya pasca peristiwa 11 September 2001. Invasi militer yang dilakukan AS ini, diikuti dengan pendudukan, dan mengirimkan pasukan dalam jumlah yang sangat besar.

"Saya mengharapkan setiap orang akan dapat mencari jalan keluar di London dengan komitment baru, dan komitment untuk memulihkan hak rakyat Afghanistan", ucap Chrystal. Sementara itu, di London akan berlangsung konferensi internasional yang akan membahas masa depan Afghanistan. Karzai sendiri ingin 'membayari' dan memerikan 'pekerjaan' kepada Taliban asal mereka mau meletakkan senjata, dan kembali ke dalam kehidupan yang normal.

Langkah yang digagas oleh AS dan Sekutunya untuk menyudahi perang dengan menyelenggarakan konferensi internasional di London ini, sebagai langkah diplomatis, yang tidak lain ingin membujuk Taliban, agar menghentikan perlawanan mereka terhadap pasukan AS dan Sekutunya. Mungkin ini hanya mimpi Chrystal, yang ingin keluar dari Afghanistan dengan selamat, sesudah membunuh ribuan penduduk muslim Afghanistan. [adm/eramuslim]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts