Suasana dalam sholat Jumat di Islamic Center Toronto kemarin terlihat berbeda.

Sebuah layar raksasa dipasang dengan menayangkan kondisi menyedihkan akibat bencana gempa bumi di Haiti yang menghancurkan berbagai bangunan yang ada.

Dalam khutbahnya, Imam Ayman Taher mengingatkan jamaah mengenai tuhas umat Islam untuk membantu meringankan beban korban gempa Haiti meskipun berbeda keyakinan. Selanjutnya acara penggalangan dana pun diadakan.

"Penggalangan dana ini akan berlanjut hingga Jumat depan," ujar Omar farouk, presiden IMO atau International Muslim Organization of Toronto kepada islamonline.

Islamic center di Toronto adalah salah satu dari sejumlah organisasi Islam di Kanada yang memobilisasi penggalangan dana dan bantuan untuk diserahkan kepada korban gempa 7.0 skala richter di Haiti, yang diklaim terburuk dalam 200 tahun terakhir.

Diperkirakan 3 juta orang jadi korban dan ribuan lainnya masih terperangkap dalam reruntuhan gedung.

"Hampir seluruh masjid dan islamic center berpartisipasi dalam kegiatan ini," tutur Dr. Zijad Delic, direktur eksekutif Canadian Islamic Congress, salah satu kelompok yang turut berpartisipasi.

Di Calgary, kota terbesar di provinsi Alberta, umat Islam juga tengah mengadakan penggalangan dana.

"Di setiap tempat ibadah dari 8 yang kami miliki, khotbah Jumat didedikasikan untuk meningkatkan kepedulian untuk membantu orang-orang, wanita dan anak-anak tanpa memandang ras dan kepercayaan," ujar David Liepert Muslim Council of Calgary, kepada IOL.

"Saya mengetahui bahwa 2 masjid terbesar kami mengumpulkan hampir 20 ribu dollar dalam donasi langsung dengan jamaah putra dan putri yang berjanji memberikan lagi karena tidak membawa uang seperti yang ingin mereka berikan."

Haiti adalah negara miskin dengan populasi yang padat dan 80% dari penduduknya yang berjumlah 9 juta hidup dalam kemiskinan. [adm/muslimdaily]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts