Dewan keamanan PBB telah menambahkan nama Al-Qaeda di Yaman ke dalam daftar organisasi terlarang.

Dua pemimpin kelompok tersebut, Nasser Al-Wahayshi dan Qasim Al-Raymi, juga mendapatkan sanksi baru dari komite displin Internasional mulai hari Selasa kemarin dalam bentuk pembekuan aset dan larangan bepergian.

Sangsi tersebut dipustuskan sehari setelah Departemen Pertahanan AS memasukkan kelompok al-Qaeda ke daftar organisasi terlarang.

"Tindakan hari ini adalah untuk memperkuat upaya-upaya dunia internasional untuk memperlemah kemampuan gerak AQAP (Al Qaeda Jazirah Arab)," kata Susan Rice, Duta Besar Amerika Serikat untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa kemarin.

"Kami bertekad untuk memperlemah kemampuan gerak AQAP dalam melaksanakan serangan." kata Philip Crowley, seorang jurubicara departemen luar negeri AS.

Al-Qaeda di jazirah Arab sebelumnya mengklaim berada di balik usaha peledakan sebuah pesawat di Detroit, AS dan serangan lain di Yaman dan Arab Saudi. "

Al-Qaeda di Jazirah Arab dibentuk pada bulan Januari 2009 setelah terjadi pertukaran kepemimpinan antara kelompok-kelompok di Arab Saudi dan Yaman. [adm/muslimdaily]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts