ISTANBUL  - AKsi massa terjadi di Turki terkait dengan penyerangan yang dilakukan tentara zionis Israel terhadap kapal bantuan untuk penduduk Gaza. Ribuan orang mengambil bagian dalam aksi ini, mereka memenuhi jalan utama di Istanbul, ibukota Turki. "Ada maksud tertentu dalam serangan terhdap kapal Turki, karena terdapat kapal dari Swedia, Italia dan Yunani yang tidak diserang, mereka tidak memasuki Gaza, kapal Turki yang pertama," ujar harian Turki mengutip perkataan salah seorang pengunjuk rasa.

Terdapat laporan bahwa pemerintah Turki melakukan pertemuan darurat. Perdana Menteri Turki, Recep T. Erdogan membatalkan kepergiannya ke Amerika Latin dan kembali ke Ankara.

Dalam aksi ini ribuan penduduk Turki menyerukan untuk perang melawan Israel.

Menteri Luar Negeri Turki sangat mengutuk keras kebiadaban yang dilakukan Yahudi ini. Duta Besar Turki untuk Israel dipanggil kembali, kontak dihentikan, latihan militer dan acara olahraga yang diselenggarakan bersama Israel dibatalkan.

Yunani juga menghentikan kontak militer dengan Israel untuk memprotes penyerangan yang dilakukan Yahudi Israel.

Uni Eropa mendesak dilakukan investigasi atas kematian para aktivis kemanusiaan. Banyak media termasuk media-media Barat mengutuk Israel atas pembunuhan ini.

Tentara Zionis menyerang kapal bantuan pada senin (31/5) pagi, sekitar 150 Km dari Gaza, dan ini berarti mereka masih berada dalam wilayah perairan internasional.

Sekitar 20 aktivis tewas, puluhan lainnya luka-luka (dilaporkan sekitar 30 sampai 50 orang yang terluka). Kebanyakan dari mereka berada dalam kondisi kritis, dan kemungkinan jumlah korban tewas akan meningkat.

Hampir seluruh korban tewas adalah warga Turki. Kapten kapal flotilla ini berada dalam kondisi kritis.

Salah seorang pemimpin Hamas, Sheikh Raed Salah juga mengalami luka serius.

Sebagian besar kapal bantuan untuk Gaza yang berasal dari negeri Muslim selalu diserang oleh Zionis Israel. Ini membuktikan bahwa mereka, sangat berniat menghabisi, memerangi Muslim. [adm/arrahmah]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts