Warga Palestina pada hari Sabtu kemarin (15/1) memuji pemberontakan di Tunisia, mengatakan rakyat negara Afrika utara itu telah merupakan inspirasi ke seluruh dunia Arab.

Dalam pernyataan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), kelompok payung faksi Palestina, memuji "keberanian yang tak tertandingi dari warga Tunisia dan pengorbanan heroik mereka untuk mencapai tuntutan mereka."

PLO, yang memiliki hubungan erat dengan presiden Tunisia yang tergulinggkan Zine El Abidine Ben Ali, tidak menyebutkan pemimpin itu digulingkan dalam pernyataannya, dan lebih memilih untuk menekankan hubungan dekat antara Palestina dan orang-orang Tunisia.

Tunisia adalah rumah bagi markas PLO setelah Palestina diusir dari Libanon pada tahun 1982 sampai pembentukan Otoritas Palestina pada tahun 1994.

"Rakyat Palestina, memiliki hutang rasa terima kasih kepada masyarakat Tunisia yang mendukung revolusi Palestina dan kepemimpinannya pada saat banyak tempat tidak mendukung hal itu, menekankan persaudaraan sangat mendalam yang menghubungkan rakyat kita dengan Tunisia sangat besar," kata pernyataan itu.

Faksi Palestina lainnya, khususnya kelompok-kelompok Islam, lebih vokal dalam dukungan mereka terhadap penggulingan Ben Ali.

"Kami mengucapkan selamat kepada rakyat Tunisia untuk pemberontakan mereka terhadap rezim tirani," kata Daoud Shihab, juru bicara kelompok Jihad Islam, setelah Ben Ali melarikan diri ke Arab Saudi.

Peristiwa di Tunisia menunjukkan bahwa massa Arab dapat membawa perubahan untuk kebebasan dan penolakan terhadap tirani dan ketidakadilan," katanya.

Penguasa Jalur Gaza Hamas juga memuji kejadian di Tunisia, mengatakan hal itu mewakili kehendak rakyat Tunisia.

"Kami dengan saudara-saudara kami, rakyat Tunisia, dalam memilih pemimpin mereka tidak peduli apa pengorbanan yang telah mereka lakukan," Fathi Hammad Menteri Dalam Negeri mengatakan kepada wartawan.

"Ini adalah sebuah aplikasi dari kehendak masyarakat setelah tertindas untuk waktu yang lama," katanya.

Ben Ali tidak populer dengan kelompok-kelompok Islam, setelah dirinya menumpas oposisi Islam di Tunisia.

Front Demokratik untuk Pembebasan Palestina, anggota kecil dari PLO, memuji pemberontakan tersebut sebagai "kemenangan besar" bagi rakyat Tunisia. Apa yang terjadi adalah "pelajaran bagi semua," kata pernyataan DFLP, menyerukan "massa Arab untuk mulai melakukan perlawanan dalam menghadapi penguasa yang berkhianat terhadap mereka." [adm/eramuslim]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts