Tahun 2016 adalah tahun perubahan dunia, khususnya masyarakat ASEAN. Negara-negara ASEAN telah memasuki tahap baru kehidupan mereka, khususnya dalam bidang ekonomi. Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) adalah zaman bebas lintasan negara dalam satu kawasan. MEA adalah peluang sekaligus tantangan bagi kita semua.

Fenomena MEA ini telah berhasil membuat para praktisi bahkan mungkin setiap elemen manusia memutar balikkan otak untuk berpikir 1000 macam cara agar MEA ini dijadikan ajang peluang besar dalam memajukan perekonomian bangsa serta meningkatkan taraf kesejahteraan hidup masyarakat. Karena mereka menyadari, tak banyak pilihan untuk mempertahankan harga diri. Hidup dengan kemampuan yg dimiliki atau mati terinjak-injak karena tak memiliki kualitas diri. Hanya dua hal yang perlu diingat: mengambil peran atau hilang tergantikan.

Kerisauan dan kekhawitiran itu sangat wajar. Karena inilah salah satu bukti bahwa kita berpikir untuk terus mengembangkan kemampuan dalam hal meningkatkan perekonomian bangsa Indonesia untuk mencapai kesejahteraan masyarakat pada tingkat lebih baik. 

Akan tetapi, kerisauan dan kekhawataran itu tidak berlaku untuk profesi guru sebagai pendidik. Dalam menghadapi tantangan globalisasi, guru harus tetap fokus dengan profesi yang dimiliki. Jangan sampai, kekhawatiran terhadap persoalan ekonomi membuat cara pandang yang tertanam hanya sekedar bagaimana mendapat penghasilan lebih, atau sambil mengajar memanfaatkan keuangan dari pelajar.

Profesi pada hakekatnya adalah sikap yang bijaksana yaitu pelayanan dan pengabdian yang dilandasi oleh keahlian, kemampuan, teknik dan prosedur yang mantap diiringi sikap kepribaadian tertentu.

Pasal 1 butir 1 UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menjelaskan bahwa “Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah”.

Profesi guru adalah suatu tugas yang objek sasarannya adalah manusia. Yang mana manusia adalah makhluk sempurna yang Allah ciptakan di muka bumi ini. Tanggung jawabnya langsung dengan yang Maha Kuasa.

 Guru professional akan tercermin dalam penampilan pelaksanaan pengabdian tugas-tugas yang ditandai dengan keahlian baik dalam materi maupun metode.

Maka dari itu, guru tak bisa jika hanya setengah-setengah dalam menjalankannya. Akan tetapi, dibutuhkan pekerjaan yang utuh untuk mencapai tujuan pendidikan yang ideal. Karena ada seorang  anak manusia yang berhak hidup cerah di masa  depan melalui peran pendidikan.

Dalam buku Strategi Pembelajaran di Sekolah Dasar dalam Era Globalisasi, sosok manusia yang ingin diwujudkan  digambarkan sebagai berikut:
a) Manusia seutuhnya
Dalam UUSPN bab 11 pasal 4 disebutkan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah mencerdaskan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, mengethaui pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggungjwab kemasyrakatan dan kebangsaan (USPN No 2 tahun 1989).
b) Pelajar Sepanjang Hayat
Manusia diharapkan menjadi pelajar sepanjang hayat untuk mendukung tercapainya manusia seutuhnya. Tak mengenal waktu, tempat, dan batasan usia dalam mencari ilmu.
c) Manusia yang Berinteligensi Ganda
Pengembangan sumber daya manusia masa depan yang ideal hendaknya ditafsirkan pada asumsi bahwa tidak semua orang memiliki minat yang sama, dan tidak semua orang belajar dengan belajar yang sama atau dengan kecepatan yang sama. Mneurut Gardner (1993) dalam buku Strategi Pembelajaran di Sekolah Dasar dalam Era Globalisasi, mengenalkan tujuh inteligensi, yaitu inteligensi linguistik, inteligeni logis matemtik, inteligeni ruang spasial, inteligensi musikal, inteligensi gerakan tubuh (memcahkan maslah melalui gerakan tubuh), inteligensi interpersonal, inteligensi intrapersonal (kemampuan membentuk diri).
d) Manusia yang Menguasai IPTEK
Penguasaan ilmu dan teknologi (iptek) merupakan suatu tema kampanye masa kini, seorah-olah orang yang tidak menguasai iptek akan sengsara, atau bangsa yang tidak menguasai iptek akan tertinggal dari bangsa-bangsa lain.
Pemaparan tersebut diatas berkaitan  dengan empat pilar pendidikan. Pilar pertama, learning to know (belajar untuk mengetahui). Bukan hanya sekedar peserta didik mengetahui dan memahami. Akan tetapi,  bagaimana seorang pendidik menancapkan dalam pikiran peserta didik, yaitu rasa ingin tahu. Sehingga, peserta didik  tidak pernah puas dengan informasi-informasi yang didapatkan di dalam kelas, yang mamacunya untuk terus menggali dan meningkatkan wawasan keilmuan hingga berakhir pada sebuah pemahaman dengan keilmuan yang utuh. Pilar kedua, learning to do (belajar untuk melakukan). Setelah mengetahui dan mencari tahu, maka peserta didik dituntut untuk memanfaatkan ilmu yang telah ia miliki sesuai dengan bidang keilmuan yang dimiliki. Ia mampu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Pilar ketiga, learning to be(belajar untuk aktualisasi diri).Ppeserta didik mampu menjadi insan bermakna bagi saudaranya. Sebagaimana hadits  mengatakan yang artinya ''sebaik-baik manusia adalah ia yang bermanfaat bagi manusia lainnya''. Pilar keempat, learning to live together (belajar untuk hidup bersama). Peserta didik mampu mengenal hakikat dirinya untuk hidup bersama, saling menghargai dan saling menasihati satu dengan lainnya, bahkan ia mampu menjadi bintang yang selalu bersinar di tengah-tengah kegelapan, memberikan cahaya keteladanan penggerak kebaikan.

Merujuk pada UU No. 20 tahun 2003 Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Fungsi dan tujuan pendidikan nasional bangsa yang tercantum dalam undang-undang sudah cukup baik. Andai saja semua praktisi memahami dan mencerminkan suri tauladan yang baik bagi peserta didik. Persoalan pendidikan dan peradaban adalah bukan hanya di tanggung oleh paktisi pendidikan saja. Akan tetapi, seorang pendidik adalah ia yang memiliki hati nurani dan akal pikiran sehat yang tergerak hatinya peduli terhadap kondisi bangsa dan pendidikan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Karena, akhir dari tujuan pendidikan adalah mewujudkan pribadi yang beradab, memiliki keilmuan utuh, manusia yang memahami hakikat diri, memahami hakikat penciptaannya di dunia sebagai hamba Allah Subhanahu wata'ala. 

Pendidikan Islam adalah hal pertama yang harus ditanamkan kepada peserta didik. Menurut Dr. Adian Husaini dalam bukunya Pendidikan Islam: Membangun Manusia yang Berkarakter dan Beradab, pendidikan islam adalah satu betuk amal nyata dalam berjihad di jalan Allah dalam aktivitas dakwah dan menyiapkan generasi mendatang unggul. Sedangan Naquib Al-Attas dalam buku "filsafat dan praktik pendidikan islam" yang karangan Wan Mohd Nor Wan Daud dijelaskan bahwa, pendidikan islam adalah sarana untuk membangun sumber daya manusia dan penanaman nilai kemanusiaan, menciptakan suasana dan tatanan kehidupan masyarakat yang beradab dan berperadaban.
Mendidik seorang manusia adalah ibarat mempersiapkan generasi bangsa. Tujuan pendidikan tidak akan mungkin utuh tercapai apabila hanya dari salah satu pihak yang sadar akan hal itu. Maksudnya ialah, tak akan bisa jika hanya peran guru di sekolah saja yang menguras pikiran untuk mewujudkannya apalagi ditambah waktu berinteraksi dengan peserta didik begitu singkat. Maka dari itu, peran orang tua di rumah juga memiliki pengaruh besar dalam hal pencapaian tujuan pendidikan.  
Bagi orangtua di rumah harus menjadikan tempat tinggal sebagai sekolah utama bagi anak-anak. Jadilah sosok yang diteladani anak dalam usaha menjadi pibadi lebih baik. Buatlah anak-anak menjadi bangga karena memiliki orangtua seperti kita.
Para pendidik, baik guru maupun orangtua, harus  memikirkan bagaimana caranya mendidik generasi dengan baik. Bagaimana caranya anak-anak yang engkau naungi menjadi anak yang memiliki akhlak baik di tengah globalisasi yang sering merusak nilai moral.

Dalam sebuah nasihat dikatakan, '’Jatuh Bangunnya Suatu Bangsa Bergantung bagaimana peran Pendidiknya’'. Oleh karena itu, para pendidik harus siap menghadapi tantangan ini. Insya Allah!

[adm/Majalah Tabligh Januari 2016]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts