Pakistan mengatakan upaya pembangunan pagar perbatasannya yang keropos dengan Afghanistan harus selesai sebelum musim pertempuran musim semi di negara tetangganya tersebut, VOA melaporkan. 

Para pejabat militer mengatakan langkah proyek keamanan perbatasan besar-besaran belakangan ini telah dikerahkan dalam rangka berjaga-jaga terhadap kemungkinan “terorisme tumpahan” dari Afghanistan seiring dengan penarikan militer AS yang sangat diantisipasi di sana.

Militer baru-baru ini menerbangkan sekelompok wartawan ke distrik perbatasan Waziristan Utara untuk memamerkan pemasangan pagar kawat ayam sembilan kaki, dengan jarak enam kaki, dan ditutup dengan kawat berduri di sepanjang perbatasan Afghanistan sepanjang hampir 2.600 kilometer.

“(Hampir) 900 kilometer telah selesai dan 300 kilometer sisanya, insya Allah, kami akan menyelesaikan dalam waktu dua hingga tiga bulan,” kata jurubicara militer Mayor Jenderal Asif Ghafoor kepada wartawan di Ghulam Khan, salah satu dari beberapa penyeberangan perbatasan.

“Setelah itu, semoga pada akhir tahun ini, atau paling baik pertengahan tahun depan, kita akan dapat bersaing dengan target keseluruhan, yakni sepanjang 2.600 km,” lanjutnya.

Pagar perbatasan ini membentang di sepanjang medan terjal dan pegunungan tertutup salju setinggi 12.000 kaki. Selain itu, ratusan benteng dan pos baru telah didirikan atau sedang dibangun, Ghafoor menjelaskan dan memperkirakan upaya pembangunan yang belum pernah terjadi sebelumnya ini akan menelan biaya sekitar $ 500 juta.

Pakistan juga telah meningkatkan upaya politik untuk mempromosikan perdamaian di negara tetangga yang dilanda kekacauan. Islamabad mengambil kredit untuk meyakinkan pemberontak Taliban untuk datang ke meja dan bernegosiasi dengan AS dalam rangka menemukan penyelesaian damai untuk perang Afghanistan yang telah berlangsung selama 17 tahun.

Jenderal Ghafoor tampak optimis dengan hati-hati tentang hasil positif dari dialog tetapi mengatakan ketidakamanan di Afghanistan akan tetap menjadi tantangan bagi negara-negara tetangga.

“Kekhawatiran terbesar kami sekarang adalah rekonsiliasi sedang berlangsung di Afghanistan dan mungkin hal ini akan menjadi kekacauan apakah AS akan keluar dengan cara yang terorganisir atau secara tiba-tiba. Kami menyelesaikan proyek pagar ini dengan tergesa-gesa, kami melakukan pengembangan (di distrik perbatasan) dengan cepat. Kami tidak akan membiarkan terorisme datang ke Pakistan,” ia bersumpah.

Ghafoor bersikeras pagar itu memperkuat upaya Pakistan untuk mencegah terorisme lintas-perbatasan yang dinilai mengancam keamanan negara itu selama dekade terakhir. Waziristan Utara dulu dikenal sebagai pusat terorisme internasional dan pusat bagi Taliban Pakistan yang dilarang. Para pejabat AS dan Afghanistan juga telah lama menuduh upaya kontraterorisme Islamabad mengabaikan tempat-tempat Taliban Afghanistan di wilayahnya.

Para pejabat Pakistan menyangkal tuduhan itu dan menyatakan bertahun-tahun operasi militer telah membongkar struktur terorisme di dan sekitar wilayah Waziristan, menewaskan ribuan militan dan memaksa sisa-sisanya melarikan diri dan berlindung di daerah perbatasan Afghanistan.

Juru bicara militer itu mengatakan bahwa gerilyawan terus melakukan serangan teroris terhadap Pakistan tetapi pagar itu akan membantu menetralisir ancaman tersebut.

“Upaya untuk menyusup perbatasan telah sepenuhnya diblokir di daerah-daerah di mana pagar didirikan. Penggerebekan di pos kami dari sisi lain masih berlanjut tetapi insya Allah, mereka juga akan berakhir setelah semua benteng dan sistem pengawasan elektronik sudah dipasang. Dengan bantuan pagar ini, setiap hari kami mendapatkan lebih banyak kekuatan untuk menghentikan terorisme dari sisi itu,” catat Ghafoor.

Senator AS Lindsey Graham selama kunjungannya ke Islamabad bulan lalu memuji upaya pagar perbatasan Pakistan dan menekankan perlunya tanggapan yang serasi dari pihak Afghanistan.

“Ada perdebatan besar tentang membangun tembok di dalam negeri untuk membuat kita aman. Jika anda ingin melihat seseorang membangun pagar atau tembok, datanglah ke Pakistan. Rencana untuk mengamankan perbatasan di pihak Pakistan sangat kuat,” kata senator Amerika itu.

Jenderal Ghafoor menyerukan pemerintah Afghanistan untuk membalas dan meningkatkan keamanan perbatasan di pihak mereka untuk mempromosikan perdamaian regional, meskipun ia mengakui pasukan Afghanistan memiliki masalah kapasitas dan tenaga kerja.
(Althaf/arrahmah.com)

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts