Sejumlah roket ditembakkan dari Gaza ke Israel pada Minggu (31/3/2019) pagi. Serangan ini menandai kemunduran beberapa jam setelah kedua pihak tampaknya menuju gencatan senjata tidak resmi menyusul satu hari kekerasan tingkat rendah di sepanjang perbatasan.

Tidak ada laporan cedera atau kerusakan akibat tembakan roket, Dewan Daerah Eshkol mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan lima roket ditembakkan ke Israel dari Gaza setelah sirene berbunyi di wilayah Eshkol yang berdekatan dengan Jalur Gaza selatan.

"Ledakan terdengar dan serangan roket telah diarahkan ke area terbuka," kata Dewan Regional Eshkol seperti dikutip dari Times of Israel.

Tidak pihak yang mengklaim bertanggung jawab dari Gaza.

Serangan itu tampaknya menjadi serangan roket pertama sejak putaran pertempuran yang hebat berkurang pada hari Rabu lalu, menyusul eskalasi ketika sebuah roket menghantam sebuah rumah di Israel tengah dan melukai tujuh orang.

Serangan terbaru ini kemungkinan akan mengurangi upaya antara pihak-pihak untuk menengahi gencatan senjata, setelah kedua belah pihak menyatakan kepuasan dengan relatif tidak adanya kekerasan selama protes besar di sepanjang perbatasan pada hari Sabtu, yang mengarah pada harapan bahwa pemahaman dapat dicapai segera. Serangan ini juga dapat mengakhiri rencana untuk membuka kembali dua penyeberangan masuk dan keluar dari Jalur Gaza pada hari Minggu.

Para mediator dari Mesir, yang bolak-balik antara Israel dan penguasa Gaza Hamas, telah terlibat dalam upaya yang lengkap untuk menengahi kesepakatan gencatan senjata jangka panjang. Pemahaman antar pihak dilaporkan termasuk Hamas membuat pengaturan untuk mencegah kekerasan selama protes hari Sabtu.

Sebelumnya, seorang pejabat dengan kelompok Hamas, yang memerintah Jalur Gaza, mengatakan kedua pihak dapat mencapai pemahaman untuk ketenangan jangka panjang "dalam beberapa hari," dan para pejabat Israel dilaporkan sedang mencari cara untuk melonggarkan beberapa pembatasan pada Jalur Gaza sejak minggu lalu setelah relatif tidak ada kekerasan selama akhir pekan.

Lebih dari 40.000 warga Palestina ambil bagian dalam aksi unjuk rasa di perbatasan Gaza Sabtu sore. Aksi itu menandai satu tahun gerakan Great March of Return.

Sejumlah demonstran melemparkan granat dan bahan peledak ke pagar keamanan serta melemparkan batu ke arah pasukan dan membakar ban.

Tercatat tiga orang tewas di tembak oleh tentara Israel dalam aksi tersebut dan ratusan lainnya mengalami luka-luka.


(ian/sindonews)

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts