Beberapa pemuka agama Islam di kawasan Balkan, Eropa Tenggara, menyatakan dukungannya kepada Turki untuk terus memaksimalkan upaya dakwah Islam sekaligus membantu mengatasi beberapa problem ummat Islam di kawasan tersebut.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh ketua Asosiasi Muslim Balkan yang mewakili beberapa ulama Balkan dan menghadiri Konferensi Masa Depan Balkan I (Mu'tamar Mustaqbal al-Balqan al-Awwal), yang digelar oleh Lembaga Bantuan Kemanusiaan Turki, di Istanbul, Sabtu dan Ahad (18-19/10) kemarin.

Dalam konferensi tersebut dibahas upaya-upaya untuk memaksimalkan dakwah Islam di kawasan Eropa Tenggara sekaligus mengupayakan berbagai solusi atas beberapa masalah ummat Islam kawasan.

Dalam kesempatan tersebut, Grand Mufti Bosnia-Herzegovina Syaikh Mustafa Ceric merekomendasikan untuk dibentuknya Majlis Islam Bersama yang menyatukan pelbagai macam organisasi dan majlis keislaman di Balkan. Syaikh Ceric juga merekomendasikan untuk didirikannya Universitas Islam di Balkan. [adm/hidayatullah]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts