Lima, Peru, (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat (AS) George W Bush menyatakan pertemuan forum Kerja sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) ke-16 bisa menyumbangkan jawaban terhadap kondisi dunia saat ini.

"Pertemuan ini akan memberikan sesuatu yang penting bagi dunia, dan saya yakin negara-negara APEC akan memberikan kontribusi signifikan untuk menjawab situasi ini. Fakta dari ini adalah 55 persen kekuatan ekonomi dunia ada dalam pertemuan ini," kata Bush dalam pertemuan APEC tingkat pemimpin perusahaan di Lima, Peru, Sabtu.

Bush dalam kesempatan itu menegaskan bahwa kebebasan berdagang bagi pasar dan bagi orang adalah kunci untuk mendapatkan kepercayaan lagi dalam sistem keuangan.

"Pasar bebas menawarkan kesempatan untuk berinovasi dan kreatif, ini adalah jalan bagi semua orang mendapatkan keuntungannya. Ketika saya mulai bekerja (jadi Presiden), Amerika hanya memiliki tiga perjanjian perdagangan. Hari ini kami meninggalkan pemerintahan dengan 14. Tidak ada yang meragukan keuntungan dari Asia - Pasifik," katanya.

Di sisi lain, Bush juga menekankan agar setiap negara tetap mempertahankan proyek pendidikannya. "Krisis tidak boleh menghentikan pendidikan masyarakat," katanya.

Bush menambahkan bahwa modal manusia menjadi sangat penting untuk
memperkuat demokrasi ekonomi.

Terakhir, Bush mengakui bahwa pemulihan dari krisis keuangan ini akan mengambil waktu lama, namun bisa diatasi. "Ekonomi APEC telah membuktikan bahwa mereka mampu untuk mengatasi krisis yang lebih besar seperti pandemik dan bencana alam," katanya.

Pertemuan APEC CEO berlangsung sejak Jumat (21/11) lalu dan rangkaian kegiatan APEC dilanjutkan pertemuan tingkat pemimpin ekonomi pada Sabtu ini dan Minggu (23/11).

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts