KUALA LUMPUR - Dewan Fatwa Nasional (NFC) Malaysia mengeluarkan fatwa yang melarang umat Islam untuk mengikuti program Yoga. Yoga dianggap dapat melunturkan keimanan seseorang muslim.

"Yoga dilarang untuk umat Islam. Latihannya dapat melunturkan keimanan mereka terdahap agama," kata Abdul Shukor Husin pimpinan NFC seperti dikutip AFP, sabtu (22/11/2008).

Abdul Shokor mengatakan, meditasi Yoga melibatkan fisik dan elemen agama Hindu. Di dalamnya tedapat bacaan mantra-mantra.

Islam merupakan agama resmi Malaysia. Sebanyak 60 persen dari 27 juta penduduk Malaysia, merupakan pemeluk Islam.

Yoga sendiri merupakan proses meditasi yang berasal dari India. Masyarakat India sudah akrab dengan Yoga sejak ribuan tahun lalu. Belakangan Yoga marak di kalangan masyarakat Malaysia sebagai obat untuk menghilangkan stres.

Professor pada Fakultas Agama Islam Universitas Malaysia Zakaria Stapa baru-baru ini juga mengatakan, umat Islam sebaiknya berhenti melakukan meditasi Yoga. "Yoga menyimpang dari prinsip Islam," katanya.

NTC merupakan dewan fatwa tertinggi Malaysia. Sebelumnya lembaga ini juga mengeluarkan larangan kepada wanita berpakaian ketat seperti pria dan berhubungan sesama jenis. [adm/okezone]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts