Sesuai siaran pers Persatuan Ulama Dunia Islam, yang dipimpin Syeikh Dr. Yusuf Al Qaradhawi, memutuskan untuk membentuk delegasi dari kalangan ulama untuk mengunjungi negara Arab mencakup Qatar, Arab Saudi, Yordania, Syria, Mesir dan Turki, mereka bertemu dengan para pemimpinnya, untuk mewajibkan kepada para pemimpin tersebut untuk membantu kemenangan rakyat Palestina di Jalur Gaza.

Syeikh Qaradhawi menjelaskan, dalam suatu konferensi pers yang berlangsung di Doha, Qatar, kemarin, bahwa anggota delegasi ulama ini bertemu dengan Emir Qatar, Syeikh Hammad bin Khalifah al Stani. Mereka juga akan bertemu dengan Raja Arab Saudi, Abdullah bin Abdul Azis pada hari Ahad, dan dengan presiden Syria, Basyar al Asad.

Gerakan delegasi ulama ini bertujuan, menghentikan serangan, membuka blokade, segera mengirimkan bantuan, menyelesaikan problema, memperbaiki semua kondisi di antara paksi-paksi di kalangan masyarakat Palestina.

Para delegasi ini akan menyerukan para pemerintah yang dikunjunginya untukmemutuskan semua bentuk hubungan dengan pemerintahan Israel, baik diplomatik, ekonomi, budaya dan keamanan.

Keterangan pers tersebut juga menjelaskan, para delegasi ulama ini akan mendorong para tokoh dan pimpinan untuk menggunakan perannya serta mendorong dengan sungguh-sungguh dengan berbagai cara sesuai dengan kemampuannya untuk memanfaatkan jalur-jalur internasional dalam upaya menghentikan serangan.

Kondisi itu membutuhkan diadakannya sesegera mungkin pertemuan puncak pemimpin negara-negara Arab (Liga Arab) dan Organisasi Konferensi Islam (OKI) untuk menghadapi kondisi yang sangat berbahaya. (adm/hidayatullah)

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts