Seorang calon dewan propinsi menghilang sejak hari Senin di Afghanistan selatan wilayah Ghazni, kata pejabat setempat.

Beberapa orang bersenjata menculiknya Yahya Mulaye Azhar, kandidat untuk dewan propinsi di Ghazni pada pemilu yang akan datang, dia diculik saat berada di jalan raya Kabul-Ghazni, kata seorang pejabat IEC mengkonfirmasi.

Mr Azhar sedang berkendara dari Kabul menuju Ghazni ketika sekelompok pria bersenjata menghentikan taksi yang ditumpangi Azhar dan menurunkannya beserta salah seorang penumpang lainnya.

Salah satu penumpang adalah seorang insinyur bangunan, insinyur itu kemudian dilepaskan setelah beberapa saat diinterogasi olah para pria bersenjata tersebut.

Penculikan terjadi di desa Shah Gaw, sekitar 20 km sebelah utara kota Ghazni.

"Kami belum menerima ancaman ataupun tuntutan, begitu juga kami belum mendapakan kontak dari para penculik", kata Abdul Ghafur, dari pihak keluarga Azhar.

Penculikan Mulaye Azhar ini adalah peringatan bagi kandidat-kandidat atau caleg lainnya di Afghanistan yang akan mengikuti pemilu Afghan pada bulan Agustus.

Yahya Mulaye Azhar adalah ketua Massoud Foundation di wilayah propinsi Ghazni.

Pemerintah Afghanistan sendiri telah menyatakan sebelumnya bahwa Taliban adalah ancaman utama bagi pemilu Agustus yang akan datang.

Taliban akan mengganggu jalannya pemilu ini dengan segala cara yang mereka bisa, seperti yang terjadi akhir-akhir ini, tentara koalisi baru mengetahui jika puluhan kartu calon pemilih yang akan digunakan pada pemilu besok dirampas oleh Taliban dari tangan penduduk. Tujuannya agar para penduduk desa tidak mengikuti pemilu, menurut penuturan tentara koalisi.

Lebih dari 100 kandidat caleg akan mengikuti pemilihan di Ghazni, bersamaan dengan pemilu presiden tanggal 20 Agustus 2009. [adm/muslimdaily]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts