Taliban mengatakan mereka akan meningkatkan perjuangan mereka di Afghanistan, setelah Amerika dan para sekutu negara itu mengatakan akan mengirimkan pasukan tambahan.

Seorang juru bicara Taliban mengatakan langkah itu "akan memprovokasi perlawanan yang lebih keras".

Presiden Amerika Barack Obama mengatakan 30.000 pasukan Amerika akan dikerahkan secara cepat di Afganistan.

Sementara itu Mentri pertahanan Robert Gates mengatakan kepada Kongres Amerika bahwa meredam Taliban merupakan langkah penting untuk keamanan di kawasan.

Gates mengatakan kepada Komisi Angkatan Bersenjata bahwa tujuan Amerika di Afghanistan dan Pakistan adalah mengalahkan jaringan al-Qaeda dan untuk melakukan hal itu Taliban harus dipukul mundur.

"Kegagalan di Afghanistan akan menyebabkan Taliban mengambil alih banyak daerah atau sebagian besar negara itu, dan kemungkinan akan terajdi perang saudara lagi," katanya.

Bantuan sekutu

Amerika juga meminta sekutu-sekutu NATO untuk mengerahkan sekitar 5.000 sampai 7.000 pasukan tambahan, seperti dijelaskan Robert Gates kepada komisi hari Rabu.

Sekretaris Jendral NATO mengatakan anggota lain akan mengerahkan paling tidak 5.000 pasukan tambahan tahun depan.

Mentri Luar Negeri Hillary Clinton mengatakan kepada panel Senat bahwa situasi di Afghanistan "serius dan memburuk" namun Amerika kini memiliki tujuan jelas di sana.

"Di antara pilihan sulit yang ada, langkah ini adalah cara terbaik untuk melindungi negara kita sekarang dan di masa depan," katanya.

Sementara itu Senator John McCain, anggota komisi senior dari partai Republik, mengatakan ia mendukung keputusan Obama untuk mengerahkan pasukan lebih banyak lagi namun tidak mendukung pengumuman tanggal penarikan yang ditetapkan, yaitu Juli 2011. [adm/muslimdaily]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts