SURABAYA--Sebanyak 130 orang lebih warga Surabaya, Sabtu, terlihat mendatangi Rumah Zakat di Jl Kartini 74, Surabaya untuk berobat dan periksa kesehatan secara gratis.

"Rumah Zakat sebagai salah satu lembaga sosial menggelar aksi sosial mendukung MDG`s (Millenium Development Goals)," kata Area Manager Rumah Zakat Surabaya Edy Aryanto.

Ia mengatakan aksi serupa dilakukan secara serentak pada 22 kota yang memiliki perwakilan Rumah Zakat, di antaranya Jakarta, Bekasi, Semarang, Solo, Aceh, Batam, dan sebagainya.

"Aksi sosial bertajuk `Bangkit dan Beraksi` itu merupakan momentum mengingatkan pemerintah untuk komitmen menjalankan capaian MDG`s pada 2015," katanya.

Oleh karena itu, katanya, Rumah zakat Surabaya menggelar pengobatan gratis pada 18-19 Oktober di halaman kantor sekretariat, kemudian pemeriksaan ibu hamil.

"Target kami adalah mendampingi ibu hamil yang datang ke kami hingga akhirnya melahirkan, sehingga asupan gizi akan terjamin dan terkontrol. Semuanya gratis," katanya.

Selain itu, katanya, operasi secara gratis juga diberikan kepada warga Surabaya yang menderita penyakit hernia dan katarak, termasuk pelayanan kesehatan umum yang ditargetkan untuk 100 orang lebih.

"Kami juga memberikan bantuan modal usaha dan pendampingan hingga berhasil, kemudian kami juga memberikan bantuan beasiswa kepada 270 anak yatim yang diserahkan seminggu sekali," katanya.

Dalam aksi peduli untuk rujuan pemangunan melenium atau MDG`s itu, satu unit ambulans yang parkir di halaman kantor sekretariat Rumah Zakat Surabaya itu "ditutupi" kain putih panjang yang berisi tandatangan dukungan program MDG`s, di antaranya pengentasan kemiskinan. [adm/republika]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts